Judul Artikel :
Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21
Latar Belakang :
Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya implementasi pembelajaran abad 21 dalam pendidikan untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat. Pembelajaran abad 21 menekankan pada pengembangan keterampilan 4C (Critical Thinking, Creative Thinking, Communication, Collaboration) yang menjadi kunci keberhasilan dalam era digital ini. Selain itu, penilaian autentik juga menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran abad 21 untuk mengukur kemampuan peserta didik secara menyeluruh. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan meningkatkan implementasi pembelajaran abad 21, penilaian autentik, pengembangan keterampilan abad 21, dan pembelajaran IPA abad 21 dalam konteks pendidikan saat ini.
Tujuan Penelitian :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali implementasi pembelajaran abad 21, penilaian autentik, pengembangan keterampilan abad 21, dan pembelajaran IPA abad 21. Penulis juga bertujuan untuk terus memperbaiki pendekatan pembelajaran dengan mempertimbangkan berbagai sumber dan kritik yang membangun dari para pembaca.
Metode Penelitian :
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan dan menguraikan pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Teknik pengumpulan data studi kepustakaan dilakukan dengan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian dari berbagai sumber seperti buku, jurnal ilmiah, literatur, dan publikasi lain yang relevan
Hasil :
hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran abad 21 harus berfokus pada pengembangan keterampilan 4C (Critical Thinking, Creative Thinking, Communication, Collaboration) dan penilaian autentik yang melibatkan peserta didik secara aktif. Guru perlu mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21 dan membuat penilaian yang modern dengan memanfaatkan teknologi. Selain itu, pembelajaran abad 21 juga harus mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dengan guru sebagai fasilitator, motivator, dan inspirator bagi muridnya. Karakteristik guru abad 21 termasuk minat baca tinggi, kemampuan menulis karya ilmiah, kreatif dan inovatif dalam model pembelajaran, dan transformasi kultural. Asesmen pembelajaran abad 21 melibatkan keterampilan seperti kreativitas, komunikasi, berpikir kritis, kewarganegaraan digital, operasi teknologi, dan konsep, dengan penilaian autentik menjadi bagian integral dari proses pembelajaran abad 21.
Novelty :
kebaruan dalam menggali implementasi pembelajaran abad 21, penilaian autentik, pengembangan keterampilan abad 21, dan pembelajaran IPA abad 21 dalam konteks pendidikan saat ini. Penelitian ini juga berfokus pada upaya terus memperbaiki pendekatan pembelajaran dengan mempertimbangkan berbagai sumber dan kritik yang membangun dari para pembaca . Keberagaman topik yang diteliti dan pendekatan kualitatif yang digunakan untuk menjelajahi aspek-aspek penting dalam pendidikan abad 21 menjadi kebaruan dari penelitian ini.
Sumber : Klik Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar