Senin, 25 Maret 2024

Review Arikel : Assesment Penguasaan Konsep Fisika

 Reviewer : Jamiatul Ummah

Sumber : Klik Disini 

Judul : 

Developing E-Scaffolding Integrated with E-Assessment to Improve Student’S Mastery of Concept

Novelty :

Penelitian ini memiliki beberapa kebaruan atau keunikan dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, antara lain:

  • Pengembangan E-Scaffolding Terintegrasi dengan E-Assessment: Penelitian ini mengembangkan model e-scaffolding yang terintegrasi dengan e-assessment untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dalam fisika. Integrasi antara e-scaffolding dan e-assessment memberikan kemungkinan bagi mahasiswa untuk melihat kemajuan mereka dalam memahami konsep fisika dan mengukur akurasi serta kecepatan dalam menyelesaikan tes kognitif .
  • Pemberian Umpan Balik Secara Otomatis: Melalui sistem online yang digunakan dalam penelitian ini, mahasiswa dapat menerima umpan balik secara otomatis setelah mengumpulkan tugas mereka. Hal ini membantu dosen dalam memberikan latihan kepada mahasiswa secara individual tanpa harus menghabiskan banyak waktu dengan setiap mahasiswa 
  • Peningkatan Kualitas Pembelajaran: Penelitian ini menunjukkan peningkatan dalam kualitas proses pembelajaran, motivasi, dan efektivitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Dengan adanya model e-scaffolding yang terintegrasi dengan e-assessment, diharapkan pembelajaran di kelas menjadi lebih efektif dan efisien 

Latar Belakang Penelitian :

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam pembelajaran fisika di perguruan tinggi, di mana banyak mahasiswa memiliki minat yang minim atau bahkan nol terhadap mata pelajaran ini. Hal ini disebabkan oleh pandangan bahwa fisika melibatkan topik-topik abstrak, situasi pembelajaran yang kurang kondusif, kurangnya bahan dan media yang memadai untuk mendukung pembelajaran, keterampilan matematika yang rendah pada mahasiswa, serta keterbatasan variasi metode pembelajaran yang diadopsi oleh para guru . Oleh karena itu, pengembangan e-scaffolding yang terintegrasi dengan e-assessment untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kualitas pembelajaran menjadi sangat penting.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dalam mata pelajaran fisika, khususnya dalam bidang matematika-fisika, melalui penggunaan e-scaffolding yang terintegrasi dengan e-assessment. Dengan adanya e-scaffolding ini, diharapkan dapat memberikan berbagai opsi scaffolding yang diperlukan oleh perguruan tinggi untuk membantu mahasiswa dalam memahami konsep fisika dengan lebih baik 

Tujuan Penelitian :

Tujuan dari penelitian yang dijelaskan dalam artikel ini adalah untuk mengembangkan e-scaffolding yang terintegrasi dengan e-assessment guna meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dan kualitas pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap kesulitan dalam pembelajaran fisika di perguruan tinggi dengan memanfaatkan teknologi e-scaffolding dan e-assessment untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan penguasaan konsep mahasiswa dalam mata pelajaran fisika, khususnya dalam bidang matematika-fisika

Metode Penelitian :

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian dan pengembangan yang mengikuti model konseptual 4D. Peneliti melakukan analisis front-end, pembelajar, konsep, tugas, dan penetapan tujuan instruksional dalam tahap definisi. Selanjutnya, model e-scaffolding yang terintegrasi dengan e-assessment dirancang dan dikembangkan berdasarkan hasil analisis tersebut. Implementasi model dilakukan pada tahap pengembangan, diikuti dengan evaluasi melalui kuesioner, wawancara, dan uji kompetensi kognitif untuk menilai efektivitas model dalam meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dalam fisika 

Hasil Penelitian :

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan model e-scaffolding yang terintegrasi dengan e-assessment memberikan dampak positif dalam meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dalam fisika, terutama dalam mata pelajaran matematika-fisika. Beberapa temuan utama dari penelitian ini meliputi: 

  • Peningkatan Penguasaan Konsep: Dari hasil uji kognitif yang dilakukan terhadap 35 mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian, terlihat bahwa penguasaan konsep mereka mengalami peningkatan yang signifikan dari skor rata-rata 65,7 menjadi 83,2 setelah menggunakan e-scaffolding dan e-assessment .
  • Peningkatan Kualitas Pembelajaran: Analisis data dari kuesioner menunjukkan adanya peningkatan secara keseluruhan dalam kualitas proses pembelajaran. Selain itu, model e-scaffolding ini juga mampu meningkatkan motivasi dan efektivitas proses pembelajaran secara signifikan .
  • Keefektifan dan Kepuasan Pengguna: Hasil dari uji keefektifan, keberlanjutan, dan daya tarik menunjukkan bahwa model e-scaffolding yang dikembangkan dinilai efektif, dapat diterapkan dengan baik, dan menarik bagi pengguna .

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-scaffolding yang terintegrasi dengan e-assessment dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran fisika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Esei Kecil : SCIENTIFIC REASONING ASSESSMENT

  SCIENTIFIC REASONING ASSESSMENT Konfografis Biru Ilustratif Gerhana Bulan Infografis Pendidikan oleh Jamiatul Ummah