Minggu, 31 Maret 2024

Review Artikel : Asesmen Miskonsep Siswa

 Four Tier-Magnetic Diagnostic Test (4T-MDT): Instrumen Evaluasi Medan Magnet Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa




Novelty :


Tujuan Penelitian :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan instrumen 4 Tier-Magnetic Diagnostic Test (4T-MDT) dalam mengidentifikasi miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini R & D dengan 4D model.

Latar Belakang :
Tingginya Tingkat Miskonsepsi: Materi medan magnet merupakan salah satu materi yang seringkali menyebabkan miskonsepsi pada siswa SMA Kelas XII. Miskonsepsi ini dapat menghambat pemahaman konsep fisika secara keseluruhan. Oleh karena itu, perlu adanya instrumen evaluasi yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa secara lebih detail .

Keterbatasan Instrumen Evaluasi: Instrumen evaluasi yang sudah ada mungkin belum cukup efektif dalam mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi medan magnet. Dengan demikian, pengembangan instrumen evaluasi yang lebih spesifik dan inovatif diperlukan untuk membantu guru dalam mengatasi masalah miskonsepsi siswa .

Kontribusi terhadap Pendidikan Fisika: Penelitian ini bertujuan memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan fisika dengan menyediakan instrumen evaluasi yang dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi medan magnet. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta pembelajaran yang lebih efektif dan efisien dalam mengatasi miskonsepsi siswa 

Metode Penelitian :
Jenis penelitian ini yaitu Research & Development (R&D) untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan instrumen 4T-MDT untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi medan magnet, dengan model pengembangan 4D yang meliputi tahap define, tahap design, tahap development, dan dissemination. Instrumen penelitian ini adalah lembar instrumen 4T-MDT dan lembar kelayakan instrumen 4T-MDT. Setelah instrumen divalidasi oleh para ahli, instrumen 4T-MDT kemudian diuji coba kelas kecil sebanyak 36 siswa SMA Negeri 4 Semarang. Data tersebut diolah untuk menentukan analisis butir instrumen 4T-MDT pada validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil data dianalisis oleh uji validitas product moment. 

Hasil Penelitian :
Instrumen 4T-MDT yang dikembangkan mendapatkan persentase ratarata validasi sebesar 84%. Hasil uji coba sebanyak 15 item soal instrumen yang memiliki validitas yang tinggi, reliabiltas yang tinggi, daya beda yang baik, dan tingkat kesukaran yang baik. Sehingga dapat digunakan untuk mengetahui profil miskonsepsi fisika siswa pada materi medan magnet.  Instrumen 4T-MDT mampu memetakan konsepsi pada materi medan magnet dan 4T-MDT ini dapat digunakan sebagai alternatif instrumen dalam melakukan evaluasi pada pembelajaran fisika untuk mengurangi miskonsepsi fisika pada siswa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Esei Kecil : SCIENTIFIC REASONING ASSESSMENT

  SCIENTIFIC REASONING ASSESSMENT Konfografis Biru Ilustratif Gerhana Bulan Infografis Pendidikan oleh Jamiatul Ummah