Review Artikel :
PENGARUH PENERAPAN PERFORMANCE ASSESSMENT DENGAN MODEL PjBL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMA
Reviewer : Jamiatul Ummah
Sumber : Klik Disini
Novelty :
Penelitian ini memberikan kontribusi baru dengan mengkombinasikan penggunaan instrumen performance assessment dengan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran fisika . Pendekatan ini belum banyak diteliti sebelumnya, sehingga menjadi kebaruan dalam upaya meningkatkan hasil pembelajaran siswa.
Tujuan Penelitian :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh penerapan Performance Assessment dengan model Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kombinasi instrumen performance assessment dengan model PjBL dapat efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam konteks pembelajaran fisika.
Latar Belakang :
Penelitian ini dilakukan karena adanya kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran fisika. Keterampilan berpikir kritis dan kreatif merupakan kemampuan yang sangat penting dalam menghadapi tantangan di era globalisasi saat ini. Namun, seringkali pembelajaran konvensional belum mampu secara optimal mengembangkan kedua keterampilan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mencari metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa, dengan mengkombinasikan performance assessment dan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran fisika. Dengan demikian, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa.
Metode Penelitian :
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini melibatkan satu kelas eksperimen sebagai sampel penelitian, yaitu kelas XI MIA 2, dengan materi pembelajaran alat-alat optik di mana siswa membuat teropong sederhana . Penelitian ini juga melibatkan pengamatan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung.
Hasil Penelitian :
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan instrumen performance assessment dengan model Project Based Learning (PjBL) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA dalam pembelajaran fisika. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa penerapan Performance Assessment dengan model PjBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Pengaruh Performance Assessment dengan model PjBL terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 42,5% dan terhadap keterampilan berpikir kreatif sebesar 57,3%. Selain itu, pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan berpikir kreatif sebesar 66,0%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kombinasi instrumen performance assessment dengan model PjBL efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran fisika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar