Kamis, 02 Mei 2024

Review Artikel : Asesmen Scientific Argumentation

 Review : Jamiatul Ummah

Socio Scientific Issues-Based Argumentation Assessment for Middle School Students

Irwanto1, Bibin Rubini, Indarini Dwi Pursitasari

Sumber Klik Ini

Tujuan Penelitian :

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Perangkat Penilaian Argumentasi berbasis Isu Sosiosaintifik untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (Middle School Students) 

Latar Belakang :

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengembangkan instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuan argumentasi siswa berdasarkan isu-isu sosiosaintifik. Dalam konteks pembelajaran sains, penting untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk berargumentasi dan mempertimbangkan berbagai perspektif dalam memecahkan masalah yang kompleks. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan sains yang lebih kontekstual dan relevan dengan dunia nyata 

Metode Penelitian :

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) untuk mengembangkan instrumen penilaian argumentasi berbasis Isu Sosiosaintifik untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini berada dalam tahap pengembangan (Develop stage) yang melibatkan validasi ahli dan uji coba terbatas. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan penilaian pertanyaan tes argumentasi. Uji coba pertama dilakukan dengan sepuluh tes tertulis, sedangkan uji coba kedua dilakukan dengan tiga puluh siswa. Hasil pengembangan instrumen penilaian menunjukkan bahwa instrumen tersebut mampu mengukur kemampuan argumentasi siswa pada tingkat tiga sesuai dengan Pola Analisis Toulmin (TAP) 

Hasil Penelitian :

CVI Tes dilakukan oleh sepuluh orang guru, dengan rata-rata skor CVI 0,9 dengan kategori sangat sesuai. Uji coba pertama dilakukan dengan sepuluh tes tertulis sehingga menghasilkan enam penilaian yang dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai uji validitas >0,514 dan nilai uji reliabilitas Cronbach’s Alpha > 0,514. Selanjutnya uji coba kedua dilakukan terhadap tiga puluh siswa dengan lima penilaian, sehingga menghasilkan skor Uji Validitas > 0,361, skor Uji Reliabilitas > 0,361, dan dikembangkan Penilaian mampu mengukur kemampuan argumentasi siswa pada level tiga menurut Pola Analisis Toulmin (TAP). Kesimpulannya penilaian yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru untuk mengukur kemampuan argumentasi siswa

Novelty :

Kebaruan (novelty) dari penelitian ini terletak pada pengembangan instrumen penilaian argumentasi berbasis Isu Sosiosaintifik khusus untuk materi bioteknologi. Penelitian sebelumnya telah mengembangkan berbagai instrumen penilaian untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa dalam konteks pendidikan sains, namun belum ada yang secara khusus mengembangkan instrumen penilaian argumentasi berbasis Isu Sosiosaintifik untuk materi bioteknologi. Dengan fokus pada materi bioteknologi, penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam pengembangan instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuan argumentasi siswa dalam mempertimbangkan isu-isu sosiosaintifik yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Esei Kecil : SCIENTIFIC REASONING ASSESSMENT

  SCIENTIFIC REASONING ASSESSMENT Konfografis Biru Ilustratif Gerhana Bulan Infografis Pendidikan oleh Jamiatul Ummah