Minggu, 05 November 2023

Review Artikel : Anava 2 (Prasyarat Analisis, Anava Dua Jalur, & Non Parametrik)

 

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah  Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar 

Tujuan Penelitian :
Tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi baris dan deret terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa

Latar Belakang :
Pada saat memecahkan permasalahan, siswa seringkali melakukan berbagai kesalahan. Salah satu kesulitan yang dialami siswa adalah kurangnya kemampuan dalam memahami soal yang diberikan sehingga kemampuan untuk merencanakan penyelesaian masalah pun kurang (Nurhayati & Bernard, 2019). Kenyataannya siswa dari berbagai umur, negara, era, jenjang manapun tidak akan terlepas dari kesalahan dalam penyelesaian masalah matematika (Gagatsis & Kyriakides, 2000; Khoshaim, 2018). Berdasarkan hasil pengamatan, guru dalam penelitian ini sering menerapkan model pembelajaran konvensional. Dalam model pembelajaran tersebut hanya berpusat pada guru yang melakukan ceramah, pemberian tugas, praktik dan latihan soal (Mulyatiningsih, 2011). Model pembelajaran ini seringkali menimbulkan kebosanan pada siswa karena mereka dituntut untuk menanggapi atau mencatat penjelasan dari guru saja, sehingga ini juga berdampak pada motivasi belajar siswa.

Medote Pemelitian :
Penelitian quasi eksperimen faktorial 23 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan diuraikan secara deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Ma'arif NU Kajen. Sampel penelitian ini yaitu kelas X TKR 1 dan X TKR 2 yang jumlah siswanya masing-masing 36 siswa dan 37 siswa yang penentuan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Terdapat 2 kelas yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelompok eksperimen, X TKR 2 sebagai kelompok kontrol.
Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) Uji Normalitas Kolmogrov-Smirnov, (2) Uji Homogenitas dengan Uji F, (3) Uji Nonparametrik dengan Rank Transform test (RT), (4) Uji hipotesis dengan uji anava dua jalur (twoway anova), dan (5) Uji Lanjut LSD (Least Significance Different).

Hasil Penelitian :
Data dianalisis berdasar pada data hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan model konvensional yang ditinjau dari motivasi belajar siswa. Data perolehan hasil belajar siswa kemudian dianalisis dengan uji nonparametric yang setara dengan uji anava dua jalur (two-way anova). Penggunaan uji nonparametrik ini dilakukan dengan Rank Transform test (RT) karena tidak memenuhi syarat seperti pada uji parametrik yaitu data berdistribusi normal dan bersifat homogen. Analisis data mulai dari prasyarat yaitu uji normalitas sampai uji lanjut dilakukan dengan bantuan software SPSS 26. Berikut tabel hasil pengelompokan motivasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol :
Hasil uji normalitas data hasil belajar siswa menggunakan rumus KolmogorovSmirnov sebagai berikut :
Pembelajaran berbasis pemecahan masalah (problem solving) pada materi baris dan deret tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, tetapi hasil belajar siswa dipengaruhi oleh tingkat motivasi belajar siswa karena semakin tinggi motivasi yang ada pada siswa maka berdampak pada hasil belajarnya yang semakin tinggi.
 
Novelty :
Pembelajaran berbasis pemecahan masalah (problem solving) pada materi baris dan deret tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa yang ditinjau dari motivasi belajar belum pernah dilakukan. Selama ini dalam pembelajaran matematika pada hasil belajar dan pemecahan masalah siswa hanya dilakukan dengan diskusi dan penerapan model pembelajaran saja.

Sumber : Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Esei Kecil : SCIENTIFIC REASONING ASSESSMENT

  SCIENTIFIC REASONING ASSESSMENT Konfografis Biru Ilustratif Gerhana Bulan Infografis Pendidikan oleh Jamiatul Ummah