The Influence of Contextual Approach on the Mathematical Understanding and Communication Abilities as seen from Students' Initial Mathematical Abilities
Tujuan Penelitian :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh pendekatan kontekstual terhadap pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi siswa, berdasarkan kemampuan matematis awal mereka. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap pemahaman matematis dan keterampilan komunikasi siswa. Selain itu, penelitian ini juga bermaksud untuk memberikan rekomendasi terkait penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dan pembentukan kelompok secara heterogen untuk membantu siswa dengan kemampuan matematis awal yang rendah.
Latar Belakang :
Latar belakang dari artikel ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh pendekatan kontekstual terhadap pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi siswa, berdasarkan kemampuan matematis awal mereka. Penelitian ini dilakukan karena pentingnya memahami bagaimana pendekatan pembelajaran dapat memengaruhi kemampuan siswa dalam memahami dan mengkomunikasikan konsep matematika. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengeksplorasi apakah interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis memiliki pengaruh terhadap pemahaman matematis dan keterampilan komunikasi siswa. Dengan demikian, latar belakang artikel ini memberikan dasar yang kuat untuk penelitian lebih lanjut dalam pengembangan pendekatan pembelajaran matematika yang efektif.
Metode Penelitian :
Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode quasi eksperimen dengan teknik non-random sampling. Penelitian dilaksanakan di MTs Swasta Al Ihsan Kota Serang pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Pembelajaran dilaksanakan selama 6 kali pertemuan, dengan 2 pertemuan untuk pretest dan post-test serta 4 pertemuan untuk proses pembelajaran di kelas kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs, dengan sampel berjumlah 40 siswa dari kelas VIII MTs Swasta Al Ihsan. Setelah wawancara dengan guru matematika di sekolah tersebut, pembagian kelas eksperimen dan kelas kontrolnya menggunakan kelas yang telah ada .
Selain itu, penelitian ini menggunakan desain multivariat faktorial 2 × 2 atau desain Manova dua jalur dengan empat variabel penelitian, yaitu dua variabel terikat (kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi matematis) dan dua variabel bebas (pendekatan saintifik dan Kemampuan Awal Matematis (KAM)) . Uji Manova dua jalur digunakan untuk mengetahui pengaruh dan interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa .
Dalam penelitian ini, data pengelompokan dilakukan berdasarkan hasil tes KAM dengan pengambilan 27% dari urutan teratas untuk KAM tinggi dan 27% dari urutan terendah untuk KAM rendah. Hal ini dianggap cukup reliabel dan kontras menurut Naga .
Dengan demikian, penelitian ini menggunakan metode penelitian yang terperinci dan menggunakan desain Manova dua jalur untuk menganalisis pengaruh dan interaksi antara variabel-variabel yang diteliti
Hasil Penelitian :
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menerima pendekatan kontekstual dan siswa yang menerima pendekatan saintifik. Analisis menggunakan statistik inferensial Manova dua jalur menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua pendekatan pembelajaran dalam memengaruhi kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa (Mahalanobis Qi Sig., 0,905, 0,000 ). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa dengan Kemampuan Awal Matematis (KAM) tinggi dan KAM rendah dalam kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, terutama ketika diterapkan pendekatan kontekstual (Hipotesis Penelitian 1, 2 ). Namun, tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan KAM terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis hanya dipengaruhi oleh pendekatan pembelajarannya (Hipotesis Penelitian 1, 2 ).
Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman dan komunikasi matematis siswa, terutama pada siswa dengan KAM tinggi. Analisis menggunakan Manova dua jalur memberikan pemahaman yang mendalam tentang pengaruh variabel bebas (pendekatan pembelajaran dan KAM) terhadap variabel terikat (kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis) .
Novelty :
Artikel ini memiliki kebaruan dalam mengkaji pengaruh pendekatan kontekstual terhadap pemahaman dan komunikasi matematis siswa berdasarkan kemampuan awal matematis mereka. Penelitian ini menggunakan desain Manova dua jalur yang belum banyak digunakan dalam konteks ini, sehingga memberikan kontribusi baru dalam pemahaman tentang interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa . Selain itu, penelitian ini juga memberikan rekomendasi terkait penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dan pembentukan kelompok secara heterogen untuk membantu siswa dengan kemampuan matematis awal yang rendah, yang dapat menjadi kontribusi penting dalam pengembangan strategi pembelajaran matematika yang lebih efektif.
Sumber : Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar