Reading better with AR or print picture books? A quasi‑experiment on primary school students’ reading comprehension, story retelling and reading motivation
Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak dari membaca buku bergambar realitas tertambah (augmented reality/AR) terhadap pemahaman membaca, pengulangan cerita, dan motivasi membaca siswa sekolah dasar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan efek membaca buku bergambar dengan teknologi AR dan buku bergambar cetak pada pemahaman membaca, pengulangan cerita, dan motivasi membaca siswa kelas dua. Penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan efek membaca buku bergambar Tionghoa dengan teknologi AR dan buku bergambar cetak tradisional pada pemahaman membaca, pengulangan cerita, dan motivasi membaca siswa sekolah dasar. Penelitian ini juga menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut tentang berbagai jenis buku bergambar dan desain.
Latar Belakang : Artikel ini membahas dampak membaca buku bergambar realitas tertambah (augmented reality/AR) terhadap pemahaman membaca, pengulangan cerita, dan motivasi membaca siswa sekolah dasar. Studi ini menunjukkan bahwa buku bergambar AR secara signifikan meningkatkan kinerja siswa dalam ketiga aspek tersebut dibandingkan dengan buku bergambar cetak. Selain itu, artikel juga membahas manfaat dan kekurangan potensial dari penggunaan buku bergambar AR dalam pendidikan. Studi ini juga membandingkan efek membaca buku bergambar dengan teknologi AR dan buku bergambar cetak pada pemahaman membaca, pengulangan cerita, dan motivasi membaca siswa kelas dua. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok eksperimen, yang membaca buku bergambar AR, memiliki kinerja lebih baik dalam pemahaman membaca dan pengulangan cerita dibandingkan dengan kelompok kontrol. Buku bergambar AR juga memiliki dampak positif pada motivasi membaca siswa. Selain itu, artikel ini juga menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut tentang berbagai jenis buku bergambar dan desain untuk meningkatkan hasil membaca.
Metode Penelitian : Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan analisis statistik MANCOVA (Multivariate Analysis of Covariance) untuk menganalisis perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam pemahaman membaca, pengulangan cerita, dan motivasi membaca siswa. Hasil analisis MANCOVA menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang membaca buku bergambar AR memiliki kinerja yang lebih baik dalam pemahaman membaca dan pengulangan cerita dibandingkan dengan kelompok kontrol . Selain itu, analisis MANCOVA juga menunjukkan perbedaan signifikan dalam motivasi membaca antara kedua kelompok . Metode analisis statistik MANCOVA yang digunakan dalam penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang dampak membaca buku bergambar AR terhadap siswa sekolah dasar. Penelitian ini juga melibatkan intervensi pembelajaran yang terdiri dari tiga fase, yaitu pengenalan buku, sesi membaca kolaboratif, dan diskusi kelas. Selama sesi membaca, kelompok eksperimen berinteraksi dengan buku bergambar AR menggunakan iPad Air, sementara kelompok kontrol membaca buku bergambar cetak. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan tes pemahaman membaca dan tes pengulangan cerita yang dikembangkan berdasarkan kerangka kerja Paris dan Paris (2003) serta tes motivasi membaca yang diadaptasi dari Learning Motivation Scale (Yang, 2020) . Dalam keseluruhan, metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini mencakup desain eksperimen, penggunaan tes yang valid dan reliabel, serta analisis statistik MANCOVA yang memberikan pemahaman yang mendalam tentang dampak membaca buku bergambar AR terhadap siswa sekolah dasar.
Hasil Penelitian : Studi ini mengeksplorasi dampak membaca buku bergambar augmented reality (AR) terhadap pemahaman membaca siswa sekolah dasar, menceritakan kembali cerita, dan motivasi membaca. Ditemukan bahwa buku bergambar AR secara signifikan meningkatkan kinerja siswa dalam ketiga aspek dibandingkan dengan buku bergambar cetak. Penelitian ini juga membandingkan efek membaca buku bergambar AR dan buku bergambar cetak terhadap pemahaman membaca, menceritakan kembali cerita, dan motivasi membaca siswa kelas dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang membaca buku bergambar AR mengungguli kelompok kontrol dalam pemahaman membaca dan menceritakan kembali cerita, dan buku bergambar AR memberikan dampak positif terhadap motivasi membaca siswa. Selain itu, penelitian ini membandingkan efek membaca buku bergambar berbahasa Mandarin dengan teknologi AR versus buku bergambar cetak tradisional terhadap pemahaman membaca, menceritakan kembali cerita, dan motivasi membaca siswa sekolah dasar. Ditemukan bahwa buku bergambar AR menghasilkan pemahaman membaca yang lebih baik, menceritakan kembali cerita, dan meningkatkan motivasi membaca dibandingkan dengan buku bergambar cetak. Studi tersebut menunjukkan bahwa mengintegrasikan teknologi AR dengan buku bergambar tradisional Tiongkok dapat meningkatkan pengalaman membaca bagi siswa. Studi ini juga menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut mengenai berbagai jenis buku bergambar dan desain pembelajaran untuk meningkatkan hasil membaca
Novelty : Kebaruan penelitian ini terletak pada eksplorasi dampak buku bergambar augmented reality (AR) terhadap pemahaman membaca siswa sekolah dasar, menceritakan kembali cerita, dan motivasi membaca. Studi ini berkontribusi untuk memahami manfaat potensial dari pengintegrasian teknologi AR dengan buku bergambar tradisional Tiongkok untuk meningkatkan pengalaman membaca bagi siswa. Selain itu, penelitian ini menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut mengenai berbagai jenis buku bergambar dan desain pembelajaran untuk meningkatkan hasil membaca. Studi ini memberikan wawasan tentang potensi teknologi AR dalam pendidikan dan menekankan pentingnya mengeksplorasi desain pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil membaca buku bergambar AR.
Sember Artikel : Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar